Monday, August 24, 2009

Jaket kulit, Tak Lekang Ditelan Zaman

DALAM kondisi apa pun busana dari bahan kulit tampaknya memang tetap menyimpan banyak keunggulan. Permukaannya yang tidak licin juga membuat bahan kulit tidak mudah tergores. Tak heran bila sepanjang waktu busana berbahan kulit, entah itu jaket, jas, atau celana panjang dan gaun, tetap memberikan pesona bagi pemakainya. Secara sepintas jenis bahan kulit ini pun mudah ditebak dan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Bahan kulit yang disebut leather misalnya, diambil dari lapisan pertama kulit sapi yang baru disamak. Sementara suede adalah bahan dasar kulit yang diambil dari lapisan kedua dari kulit binatang. Ada juga yang dikenal dengan istilah napa atau nubuck untuk menyebut bahan dari kulit rusa. Jenis yang terakhir ini umumnya memiliki tekstur permukaan yang lebih halus dan lembut.

Apa pun jenis kulitnya, bahan ini juga cukup mudah untuk dibentuk dengan motif jahitan yang rapi, bahkan tidak jarang helai benangnya tak terlihat. Selain itu busana dari kulit ini bukan hanya memberikan kesan kuat dan hangat pada pemakainya tepi juga sarat dengan keindahan dan kemewahan seiring dengan pesatnya perkembangan mode itu sendiri.

Bagi para pria, jaket kulit barangkali merupakan sebuah simbol yang bukan hanya menampakkan kemewahan, tetapi juga spirit untuk tampil lebih percaya diri. Tak heran sejak zaman prasejarah pun pakaian dari bahan kulit ini sudah favorit, ibarat tak pernah lekang ditelan zaman.

Hanya bedanya kalau dulu pemakaian kulit lebih karena pertimbangan fungsi untuk melindungi tubuh dari udara dingin. Sekarang selain untuk melindungi dari hawa dingin, juga berfungsi mode.

Kini di peradaban modern, busana berbahan kulit semakin bervariasi. Begitu juga dengan teknis pengolahannya. Tentu busana kulit yang bagus yang mampu memberikan kenyamanan, terasa lembut dan ringan.

Biasanya jenis kulit seperti itu jika proses pe-make up-annya tergolong minimal. Semakin sedikit make-up, maka tekstur kulitnya akan semakin nyata sehingga menjadi lembut, ringan dan alami. Terlepas dari sifat bahannya, yang jelas jaket kulit ini tetap terlihat elegan baik dikenakan sebagai busana formal maupun kasual, tinggal bagaimana memadukannya.

Sumber: sapos.co.id

1 comment:

  1. Jaket berbahan kulit asli memang selalu keren dan gak pernah ketinggalan jaman, pecintanya pun banyak dari kalangan muda dan tua.. Buat referensi toko online jual jaket kulit murah

    ReplyDelete

Copyright © 2007 GOLS Leather